Jumat, 19 November 2010

Wajah TKW Sebelum Digunting


Sumiati panggilannya (menurut detik.com) adalah salah satu korban kebiadaban majikannya yang karena suatu kesalahan kecil dan mungkin karena kendala bahasa dan budaya menyebabkan TKW Indonesia banyak mengalami kekerasan phisik bahkan kematian! Sumiati awalnya tidak mengira kalau dalam mencari pekerjaan sampai melalangbuana ke negeri Arab Saudi akhirnya bukan kecukupan ekonomi yang diperolah namun kekejaman.

Bermodalkan nekat saja tanpa perlu dibekali dengan ketrampilan, bahasa, budaya dan kecakapan lainnya saat ini perlu menjadi pertimbangan bagi Sumiati-Sumiati lain agar peristiwa yang paling sering terjadi terhadap para TKW tidak berulang-ulang terjadi. Ini menuntut keseriusan pemerintah maupun para calon TKW atau TKI untuk lebih meningkatkan ketrampilan selain pengetahuan tentang budaya setempat agar bisa bersaing di negara lain.

sumber :detik.com wajah sumiati sebelum diacak-acak majikan
Bisa dibayangkan wajah ayu nan jelita Sumiati ketika berangkat dengan harapan penuh bisa memperbaiki perekonomian keluarga tapi yang terjadi sebaliknya pulang muka babak-belur dan berantakan karena kekerasan yang dilakukan oleh majikannya. Ini menjadi pelajaran buat kita semua bahwa kultur budaya suatu negara menjadi penting untuk diperhatikan agar hal serupa tidak terjadi kembali terlepas dari apapun latar belakangnya baik agama, suku maupun tingkat kesejahteraannya.

Tidak ada komentar: